Berita

DKIP Gelar Seminar Literasi Etika Bermedia Sosial

Bulungan, CitraBenuanta – Dalam rangka memberikan pemahaman mendalam bagi generasi milenial tentang etika bermedia sosial, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (DKIP) gelar seminar literasi, yang dilaksanakan di ruang serbaguna lantai II kantor bupati Bulungan, Rabu (09/02/2022).

Seminar ini diikuti oleh siswa-siswi dari satuan pendidikan tingkat SMP/SMA serta umum, dilaksanakn luring dan daring. Yang mana para peserta menerima materi dari tiga orang narasumber yaitu, Rektor Universitas Fajar Makassar Mulyadi Hamid, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Bulungan Jamaluddin Saleh dan CEO Komunikonten dan Global Influencer School, Hariqo Wibawa Satria.

Dijelaskan Kepala DKIP Bulungan Andriana, pada era teknologi saat imi, penggunaan media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan pada diri kita saat ini, kepraktisan dan beragamnya fasilitas yang ditawarkan media sosial menjadi daya tarik yang memikat orang-orang untuk menggunakannya sebagai sarana komunikasi dan informasi  dengan cepat dan mudah.

“Kemudahan yang didapatkan dalam komunikasi tidak terbatas ruang dan waktu, dengan media sosial, manusia dimungkinkan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain dimanapun dan kapan pun,” ungkapnya.

Ia lanjutkan dengan berkembangnya media sosial, membuat informasi apapun dengan mudah masuk ke lingkup kehidupan masyarakat, untuk itu diharapkan kebijakan dalam memanfaatkannya.

“Baik berkomunikasi, memilah dan memilih informasi yang ada di media sosial itu,” jelasnya.

Saat ini lanjutnya, media sosial tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi tapi juga ekpresi diri, disamping hal yang positif juga berdampak negatife, seperti penurunan kemampuan berkomunikasi secara nyata, kemerosotan moral dikalangan masyarakat, dan penyalahgunaan lainnya.

“Akibat dari penyalahgunaan itu, dengan tidak menggunakan etika membuat penggunanya berhadapan kasus hukum,” tuturnya.

Untuk itu kata dia dengan memerhatikan perkembangan media sosial dan sebagai bentuk kepedulian kepada generasi Z, pihaknya melaksanakan seminar literasi tersebut.

“Dengan harapan agar pada generasi muda kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam memanfaatkan media sosial sehingga menjadi hal yang bermafaat dan produktif. Terlebih dengan kondisi saat ini, penggunaan smartphone dalam mengakses media sosial cukup lah tinggi,” tututpnya.(MC Bulungan/sny)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button
Generated by Feedzy