Berita

Bersama Tim Gabungan, BPBD Tanggani Kebakaran Lahan KM 4

Bulungan, CitraBenuanta – Memasuki musim panas, sejumlah titik di Kabupaten Bulungan terjadi kebakaran lahan, untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan mulai disibukkan masalah tersebut, seperti yang terjadi belum lama ini. Bersama tim gabungan, BPBD Lakukan penanggulangan pada kasus yang terjadi, 2 Juni 2022.

Disampaikan Plt Kalak BPBD Bulungan Darmawan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 wita di wilayah Kilometer 4 Desa Jelarai, Kecamatan Tanjung Selor, pihaknya pun segera menuju lokasi setelah menerima laporan melalui personel Polda Kaltara via telepon.

“Personel Polda yang sedang berpatroli melihat titik api diwilayah tersebut dan kemudian membesar membakar lahar tepat di depan PT.BUKAKA,” jelasnya.

Dalam penanggulangan tersebut kata dia, Tim BPBD Bulungan dibantu oleh Personel Gabungan dari Kodim 0903/Bulungan dalam hal ini Babinsa sebanyak 3 orang, Manggala Agni 8 orang, Polda Kaltara 3 orang, BPBD Kaltara 1 orang.

“Dari BPBD Bulungan sendiri sebanyak 11 orang,” sebutnya.

Adapun luasan lahan yang terbakar kata dia kurang lebih 1 Hektare, dimana selama 2 jam waktu yang dibutuhkan untuk pemadaman, dimana belum diketahui pemilik lahan tersebut dan dalam proses penyelidikan oleh pihak Ditkrimsus Polda Kaltara.

Beruntungnya kata dia, TKP dekat dengan titik air, sehingga lebih memudahkan personel dalam penangganan dan pengendalian kebakaran lahan tersebut. Mengingat kondisi cuaca panas yang terjadi saat ini, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.

“Kemudian tidak membakar lahan sembarangan yang berdampak kepada kebakaran hutan dan lahan yang meluas,” tutupnya.(MC Bulungan/sny)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button
Generated by Feedzy