Berita

6 Ribu Peserta Ikuti Mubes XI Pebeka Tawei Bakung

Bulungan, CitraBenuanta – Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansep TP, Bupati Bulungan, Syarwani, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala serta jajaran DPRD dan Forkopimda menghadiri pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) XI Pebeka Tawei Bakung Kalimantan tahun 2022 yang berlangsung di Desa Long Bang, Kecamatan Peso Hilir pada Senin (18/7/2022).

Mubes tercatat diikuti sekitar 6 ribu warga suku Dayak Kenyah Bakung dari 40 desa. Selain mubes yang dilaksanakan di Lamin Adat Lung Jalung, Peso Hilir, juga digelar kegiatan kesenian, lomba paduan suara serta pertandingan olahraga. Kegiatan mengusung tema Musyawarah Besar (Mubes) Bakung Kalimantan sebagai Wadah Partisipasi Warga Dayak Kenyah Bakung Kalimantan dalam Membangun.

Bupati Bulungan, Syarwani dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas undangannya serta ucapan selamat melaksanakan mubes sebagai wadah tertinggi dalam musyawarah suku Dayak Kenyah Bakung, sebagai momentum mempererat tali silaturahmi dalam keluarga besar Pebeka Tawei Bakung, menjalin persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat suku Dayak Kenyah Bakung.

“Serta sebagai upaya untuk terus memelihara tradisi, adat istiadat dan budaya leluhur yang patut untuk dipertahankan dari generasi ke generasi,” ucap Bupati.

Diingatkan, kecintaan terhadap adat istiadat dan budaya leluhur sebagai jati diri harus terus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Bupati juga berharap, kegiatan mubes dapat memberikan hasil yang konstruktif terhadap pembangunan secara luas di Kabupaten Bulungan.

Ditegaskan, pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi organisasi kemasyarakatan untuk bersama-sama, bersinergi, bergandengan tangan dalam pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Kontribusi dan dukungan dari masyarakat Bakung maupun masyarakat adat lainnya sangat dibutuhkan demi kelancaran pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Siapapun nanti yang akan terpilih sebagai ketua kiranya memiliki visi dan misi yang jelas dalam memberdayakan masyarakat kita khususnya Dayak Kenyah Bakung di Kabupaten Bulungan,” pesannya.

Bupati juga mengajak warga Dayak Kenyah Bakung untuk berperan dalam memerangi peredaran narkoba, menjaga, membimbing serta memotivasi anak-anak dan generasi muda dengan hal yang positif serta memberikan pemahaman yang benar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Agar mereka tidak menjadi korban dari penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.(MC Bulungan/prokopim/sny)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Generated by Feedzy