Berita

Agenda Birau Tahun Ini Mulai Disiapkan

TANJUNG SELOR – Agenda peringatan Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, biasanya digelar pada 12 Oktober setiap tahun mulai disusun. Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si bersama instansi terkait melakukan pembahasan penyusunan agenda Birau pada Senin (14/3).

“Rencananya September tahun ini tahapan lomba mulai bisa digelar tentu saja dengan situasi pandemi Covid-19 sudah berakhir di Kabupaten Bulungan,” ungkap Bupati. Dilanjutkan, Usaha Mikro, Kecil  dan Menengah (UMKM),  74 desa se-Bulungan, 10 kecamatan serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta ikut terlibat memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bulungan ke 62 dan Kota Tanjung Selor ke 232 Tahun 2022. Partisipasi desa diharapkan dalam persiapan dan pelaksanaan lomba-lomba seperti lomba perahu dan lomba tradisional lainnya. Begitu pula kecamatan diharapkan dapat mengirimkan wakil UMKM.

 

“Ada banyak perlombaan yang bisa kita adakan. Balap perahu misalnya, bisa menjadi keramaian tersendiri dalam even Festival Sungai Kayan waktu lalu. Ini mungkin bisa kita maksimalkan lagi,” ujarnya. Dijelaskan, selain kegiatan kesenian, rencananya juga akan digelar pembacaan tahlil bersama untuk para pemimpin di Kabupaten Bulungan

“Untuk lomba perahu, kita harap 74 desa terlibat, itu bisa kita dorong melalui Alokasi Dana Desa. Jadi setiap desa memiliki perahu,” sebutnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan puncak, juga akan digelar upacara, paripurna, dan juga prosesi adat. Sejumlah agenda yang dibahas dalam rapat yang dipimpin Bupati antara lain balap ketinting, perahu dayung, doa tahlil, ziarah makam, kunjungan ke rumah Kesultanan, lomba menyumpit, lomba tari pesisir dan pedalaman.

 

“Malam ramah tamah  rencananya akan digelar di tepian Sungai Kayan juga,” bebernya.(Pemkab Bulungan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Generated by Feedzy